Cara Menghasilkan Uang
Cara Menghasilkan Uang di YouTube

Cara Menghasilkan Uang di YouTube, Dengan Mudah!

Asetbagiku.com – Cara menghasilkan uang di YouTube. Saat ini, semakin banyak orang menghasilkan uang di Internet, termasuk YouTube. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform berbagi video berbasis web ini.

Didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal, YouTube kini menjadi salah satu media online yang paling banyak digunakan di dunia. Awalnya, para pendiri menjadikan YouTube sebagai situs kencan online. Namun, sebagai hasil dari analisis pasar, YouTube telah berubah menjadi situs berbagi video online.

Sekarang, YouTube telah menjadi tempat di mana banyak orang dapat menghasilkan uang. Jadi bagaimana melakukannya? Jadi, lihat dibawah ini cara menghasilkan uang di YouTube.

Cara Menghasilkan Uang di YouTube

Apakah merasa nyaman dan bersemangat saat berdiri di depan kamera? Jika demikian, Kamu dapat mencoba berbagai cara menghasilkan uang di YouTube.

Itu karena ada banyak cara berbeda untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP) atau menjadi influencer di YouTube. Baca cara memonetisasi dengan YouTube dibawah ini untuk mempelajari lebih lanjut!

  1. Gabung YouTube Partner Program (YPP)

Program Partner YouTube (YPP) adalah program yang dirancang khusus untuk membantu kreator memonetisasi video yang diupload. Kreator YPP dapat memperoleh pendapatan iklan.

Sobat juga memiliki akses ke selfie produk (galeri produk), Super Chat dan Super Stickers, membership channel, dan YouTube Premium. Namun perlu diketahui, ada kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kriteria ini meliputi:

  • Tinggal di negara/wilayah Program Partner YouTube (YPP) tersedia.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik selama setahun terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang bisa ditautkan.

Untuk lebih jelasnya, Sobat bisa mengikuti cara mudah mengaktifkan monetisasi untuk menerima YouTube berbayar dibawah ini.

  • Masuk ke akun YouTube yang ingin kamu monetisasi.
  • Klik ikon untuk akun di sudut kanan atas.
  • Pilih YouTube Studio.
  • Setelah masuk YouTube Studio, pilih “Monetization” di menu sebelah kiri.
  • Baca dan setujui persyaratan YouTuber Partner Program.
  • Buat akun Google AdSense baru, atau hubungkan yang sudah ada. Akun AdSense sendiri digunakan untuk menerima pembayaran
  • Tetapkan preferensi monetisasi.
  1. Jualan Merchandise

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bergabung dengan Program Mitra YouTube (YPP) memberi akses ke galeri produk kami. Galeri ini memungkinkan pengguna YouTube untuk menjual merchandise bermerek resmi di YouTube.

Meskipun galeri ini tidak muncul di setiap halaman video, nyatanya banyak YouTuber yang menghasilkan uang dari galeri ini. Galeri produk sendiri akan menampilkan hingga 12 produk kepada pemirsa di halaman berbagai saluran video yang memenuhi syarat.

  1. YouTube Premium

Jika Sobat adalah pengguna setia YouTube, Maka sudah tidak asing lagi dengan program YouTube Premium, layanan berbayar yang ditawarkan oleh YouTube. Dengan membayar YouTube Premium, pemirsa dapat mendukung pembuat konten favorit mereka dengan menonton video YouTube tanpa melihat iklan.

Nah, jika sudah terdaftar di YPP, ada kesempatan untuk membayar di YouTube juga. Yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang dapat dinikmati oleh YouTuber premium, dan dibayar berdasarkan jumlah pelanggan yang menonton konten.

  1. Fan Funding

Sama seperti crowdfunding biasa, Kamu juga dapat menerima donasi dari penonton atau penggemar di YouTube.

Jika telah menyediakan konten yang bagus dan audiens menyukainya dan mendukung konten, ada peluang besar bagi mereka untuk secara sukarela memberikan dana untukmu.

Jika telah menerima dana, Kamu harus mengusulkan dan menjanjikan konten video yang lebih baik dan lebih informatif. Oleh karena itu, para donatur merasa menjadi penggemar setia tidak sia-sia.

  1. Menjadi Influencer

Pemasaran influencer adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling sering digunakan untuk banyak merek dan perusahaan. Kamu bisa menjadi influencer tidak hanya di media sosial seperti Instagram dan TikTok, tetapi juga di YouTube. Apalagi jika memiliki banyak pelanggan!

Dalam profesi ini, pengguna YouTube dapat menerima tawaran untuk mendukung produk dan layanan. Jumlah yang bisa dapatkan dari garansi ini sangat tergantung pada kontrak dengan pelanggan.

Akan lebih baik jika sudah menyiapkan rate card dari awal agar pendapatan yang dijamin lebih jelas. Perhatikan bahwa kartu tarif itu sendiri adalah daftar tarif yang ditawarkan oleh influencer kepada pelanggan mereka.

  1. Menjadi Affiliate Marketer

Tahukah bahwa ada banyak affiliate marketer yang berpenghasilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan? Sebagai seorang YouTuber, Sobat juga bisa menjadi affiliate marketer dengan membagikan link video yang mereka unggah.

Yang harus dilakukan adalah membuat konten yang sesuai dengan tautan produk pemasaran afiliasi yang ingin dibagikan. Buat konten soft-selling yang membuat audiens merasa percaya diri dan bersedia membeli produk atau layanan dari tautan itu. Hasilnya, Kamu bisa mendapatkan banyak komisi dari pemasaran afiliasi. Sangat tidak menguntungkan?

Nah, bagi yang ingin mencoba affiliate marketing, YoutTube menjadi salah satu tempat untuk membagikan link affiliate dengan mudah!

  1. Lisensikan Konten YouTube

Cara menghasilkan uang dan memonetisasi YouTube selanjutnya adalah dengan melisensikan konten yang diunggah ke YouTube. Ini populer dan cocok untuk orang yang bisa membuat video viral.

TV, online, dan pembuat konten lainnya dapat menghubungimu tentang hak penggunaan video viral. Bahkan, Kamu dapat membuat daftar video diberbagai platform seperti Jukin Media untuk mempermudah menemukan dan membeli konten.

Apa Syarat Mendapatkan Uang dari YouTube?

Persyaratan kelayakan minimum untuk mengaktifkan fitur monetisasi

  • Berusia minimal 18 tahun, atau memiliki wali sah berusia lebih dari 18 tahun yang dapat menangani pembayaran melalui AdSense.
  • Membuat konten yang memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan.

Berapa Followers Agar Bisa Dapat Uang dari YouTube?

Beberapa syarat untuk memanfaatkan layanan cara mendapatkan uang dari Youtube ini ada dua, yang pertama adalah berusia minimal 18 tahun dan yang kedua yaitu channel harus memiliki lebih dari 1000 subscribers.

1 Ribu Subscriber Dapat Uang Berapa?

Nah sebagai contoh, kita bisa menggunakan rumus revenue per impression atau RPM = (penghasilan/jumlah tampilan halaman) x 1000. Dengan rumus tersebut, maka gaji YouTuber 1.000 subscriber rata-rata adalah berkisar antara Rp50.000 sampai dengan Rp100.000 per bulannya.

Kapan Uang YouTube Bisa dicairkan?

Untuk menerima penghasilan dari Youtube, dana akan dicairkan melalui akun Google Adsense. Biasanya penghasilan yang didapat akan ditransfer langsung ke akun Adsense setiap bulannya, dan bisa dilakukan setiap tanggal 21 sampai 25 setelah pengiriman pembayaran dikonfirmasi oleh pihak Google.

Akhir Kata

Nah, itulah kumpulan berbagai cara menghasilkan uang di YouTube. Manakah dari metode di atas yang ingin dicoba terlebih dahulu? Semoga artikel Asetbagiku bermanfaat untuk kalian semua ya. Selamat mencoba gaes..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *